Pasangan Detektif (Partners In Crime, 1929)


Tuan dan Nyonya Beresford, alias Tommy and Tuppence, suami istri, suka nyerempet-nyerempet bahaya, pendeknya partners in crime. Enam tahun menikah, bahagia, tapi juga bosan. Keputusan besar dibuat, mereka akan memulai usaha baru: mengambil alih biro detektif internasional, dan berkantor di Bloomsbury. Nama biro mereka: Blunt's Brilliant Detectives. Dan inilah kasusnya: seorang bangsawan kehilangan pacar, seorang klepto malah kehilangan mutiara, formula kimia yang dicuri, dan sebagainya....

Siapa bosnya? Siapa bos di Blunt's Brilliant Detectives? Theodore Blunt, alias Tommy, alias Mr. Beresford-lah bosnya. Sementara Tuppence berperan sebagai nona Robinson, sekretaris yang disuruh-suruh. Eh, kenapa Agatha memilih Tommy sebagai bos. Masalah jender ini tidak terlepas dari opini masyarakat bahwa kalau detektif itu pasti laki-laki. Detektif adalah dunia laki-laki yang memerlukan keunggulan phisik. Seorang yang datang ke biro Blunt, dan mendapati bahwa detektifnya seorang wanita, mungkin akan sedikit gamang. Jadi, begitulah.

Sebenarnya, betulkah laki-laki lebih cerdas dari perempuan dalam dunia perdetektivan? tidak juga. Mungkin jenis kecerdasannya yang berbeda. Sekurangnya dalam kasus biro Blunt, kecerdasan laki laki adalah jenis kecerdasan yang lugu, naif, dan sering kali konyol. Karena pada dasarnya lelaki kurang pandai berbohong. Kecerdasan perempuan mampu menerabas belenggu etika, lebih kreatif, karena mereka lebih pandai berbohong. 

oh, begitu?  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Peringkat Novel Agatha Christie

Saya benci pemeringkatan. Apalagi bila menyangkut penulis favorit Agatha Christie. Tetapi pemeringkatan menjadi keniscayaan - bukankah setiap pencipta agung mempunyai masterpiece? Dan mengenali sebuah masterpisece adalah tugas seorang reviewer. Maka saya menyematkan **** alias empat bintang untuk karya masterpiece, *** tiga bintang untuk karya 'out of the box', ** dua bintang untuk karya kategori bagus, dan satu bintang * untuk karya standar Agatha. Tentu saja ini subyektif, pendapat anda lebih benar. Klik di sini untuk melanjutkan.