Nemesis (Nemesis, 1971)


Polyganum, tanaman yang cepat berbunga, yang membunuh, membinasakan,... Tumbuhan itu agak mengerikan. Bunganya putih dan cantik (hal. 376).

The Old Manor House, tiga wanita. Clotide, Lavinia, Anthea. Dua sejoli, Michael dan Verity. Pada hari pernikahan, mempelai perempuan tak pernah muncul. Beberapa saat kemudian mayatnya ditemukan. Sepuluh tahun kemudian, orang mulai lupa. Lalu ada rombongan wisata perawan tua. 

Atas sponsor konglomerat Mr. Rafiel (ingat Misteri Karibia) Jane Marple berwisata ke The Old Manor House. Bukan wisata yang terlalu menyenangkan karena tiba-tiba ada yang terbunuh di rumah itu. Seakan kembali mengusik kejadian sepuluh tahun yang lalu, atau memang ada hubungan dengan tragedi masa lalu itu?


Yang sebenarnya terjadi adalah, si Rafael tua memang mengendus pembunuhan yang tidak terpecahkan di The Old Manor House. Iming-iming sebesar 20.000 pound dijanjikan kepada Miss Marple bila berhasil memecahkan misteri kematian 10 tahun lalu. Miss. Marple datang pada saat yang tepat. Walau nyaris terbunuh, arwah dua orang gadis sekarang bisa tersenyum karena pembunuh yang masih berkeliaran telah menerima keadilan. Sang Nemesis telah mengangkat pedang keadilannya.

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Peringkat Novel Agatha Christie

Saya benci pemeringkatan. Apalagi bila menyangkut penulis favorit Agatha Christie. Tetapi pemeringkatan menjadi keniscayaan - bukankah setiap pencipta agung mempunyai masterpiece? Dan mengenali sebuah masterpisece adalah tugas seorang reviewer. Maka saya menyematkan **** alias empat bintang untuk karya masterpiece, *** tiga bintang untuk karya 'out of the box', ** dua bintang untuk karya kategori bagus, dan satu bintang * untuk karya standar Agatha. Tentu saja ini subyektif, pendapat anda lebih benar. Klik di sini untuk melanjutkan.