Perjanjian dengan maut (Appointment With Death, 1938)


" Kau mengerti, kan, bahwa dia mesti dibunuh?" Pertanyaan itu terdengar jelas dalam keheningan dan semilir angin malam dekat pantai Laut Mati (hal.1).

Wanita paruh baya, dengki, berlidah tajam, dan senang menyiksa orang. Kebahagiaan terbesarnya adalah menguasai dan melihat orang sekitarnya terpanggang panas celaan mulutnya. Panas sang tiran, didera panas udara pantai Laut Mati - yang memang kelewat panas bagi orang Inggris kebanyakan - menyebabkan  kematian Mrs. Boynton. Kematiannya dilaporkan wajar karena cuaca. Namun dr. Gerard yang memeriksanya kemudiaan menyatakan lain. Dan ini sudah porsinya Hercule Poirot. 

Keruan saja semua anggota rombongan turis di Laut Mati menjadi tersangka pembunuhan. Tidak mudah Bagi Poirot untuk menjatuhkan tuduhan pelaku pembunuhan. Hampir semua keluarga Boynton mempunyai motif untuk menyingkirkan ibu mereka yang tiran. Namun tak seorangpun anggota keluarga Boyton yang terbukti melakukan pembunuhan.

Kalau begitu semuanya terpulang kepada karakter Mrs. Boyton sendiri. Pada masa mudanya, dia seorang sipir di sebuah penjara. Berpuluh tahun kemudian, di antara anggota rombongan dia mengenali mantan napi, yang sekarang menjadi tokoh publik dengan citra bersinar. Mrs. Boyton tak suka memeras, dia hanya senang memanggang mangsanya hidup hidup. Namun ini hobi yang membuatnya terbunuh......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Peringkat Novel Agatha Christie

Saya benci pemeringkatan. Apalagi bila menyangkut penulis favorit Agatha Christie. Tetapi pemeringkatan menjadi keniscayaan - bukankah setiap pencipta agung mempunyai masterpiece? Dan mengenali sebuah masterpisece adalah tugas seorang reviewer. Maka saya menyematkan **** alias empat bintang untuk karya masterpiece, *** tiga bintang untuk karya 'out of the box', ** dua bintang untuk karya kategori bagus, dan satu bintang * untuk karya standar Agatha. Tentu saja ini subyektif, pendapat anda lebih benar. Klik di sini untuk melanjutkan.