Menuju Negeri Antah Berantah (Destination Unknown, 1955)


Kisah perang dingin selalu menarik untuk dibicarakan. Beberapa novel Agatha terinspirasi dari serunya perang mata mata antar kedua blok. Adalah Hilary Craven, wanita yang ditinggal mati anak dan dikhianati suami yang berniat bunuh diri dengan cara yang unik. Dia merencanakan untuk bepergian ke luar negeri dengan menaiki pesawat terbang, dan berharap pesawat yang dia tumpangi jatuh berkeping keping!

Pesawat yang dia tumpangi menuju Paris baik baik saja. Malah tersiar kabar pesawat lain yang nahas jatuh mencium bumi. Sesampai di Perancis, dia melakukan upaya lain dengan merencanakan menengak pil tidur sampai over dosis. Lagi lagi upayanya gagal dengan kehadiran seorang 'agen rahasia Inggris' yang menawarkan 'bunuh diri' yang lebih menantang: menjadi mata mata Inggris! Aneh nian cerita Agatha yang satu  ini.

Akhirnya Hilary setuju. Tugasnya adalah berperan sebagai isteri seorang ilmuwan top bernama Thomas Charles Betterton, penemu ZE Fission yang diklaim lebih hebat dari bom atom. Istri sejati sang ilmuwan tewas akibat kecelakaan pesawat terbang yang nahas itu. Ihwal sang ilmuwan, tiba tiba dia raib. Dikhawatirkan dia menyeberang ke pihak lawan. Pertanyaannya adalah apakah dengan sukarela atau paksaan? Hillary diberi tugas untuk menemukan 'sang suami' dan membuat terang segalanya.

Dan dimulai lah petualangan yang mendebarkan itu. Seting cerita kebanyakan berlokasi di negara Maroko, dengan Casablanca, Rabat, Fez, Tangier, dan tentu saja gurun gurun pasir nan eksotik. (Tentang Maroko ini Agatha berkomentar bahwa negara ini terlalu Perancis). Setelah kisah yang berliku, akhirnya Hilary menemukan juga sang 'suami' tercinta di sebuah laboratorium rahasia. Namun anehnya walaupun Hilary tidak mirip mirip banget dengan istrinya, sang suami dengan suka cita menyambut kedatangan Hilary. Siapa menjebak siapa ?

Walaupun cerita ini berkisah tentang liku liku aksi dinas rahasia, namun di akhir cerita lagi lagi kita disuguhi misteri ala Agatha. Bukan formula rahasia, rebutan ilmuwan, atau perang mata mata yang menyebabkan seorang ilmuwan menghilang tanpa jejak. Semua hanya karena kuburan seorang istri kembali digali atas permintaan seorang saudara dari jauh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Peringkat Novel Agatha Christie

Saya benci pemeringkatan. Apalagi bila menyangkut penulis favorit Agatha Christie. Tetapi pemeringkatan menjadi keniscayaan - bukankah setiap pencipta agung mempunyai masterpiece? Dan mengenali sebuah masterpisece adalah tugas seorang reviewer. Maka saya menyematkan **** alias empat bintang untuk karya masterpiece, *** tiga bintang untuk karya 'out of the box', ** dua bintang untuk karya kategori bagus, dan satu bintang * untuk karya standar Agatha. Tentu saja ini subyektif, pendapat anda lebih benar. Klik di sini untuk melanjutkan.