Tugas Tugas Hercules (The Labours of Hercules, 1947)


Novel ini terdiri atas 12 kasus yang tidak selalu berkaitan. Keunikan lainnya adalah tiap bab diberi judul seperti sastra yunani kuno: singa dari Nemea, Hydra penghuni rawa Lerna, rusa dari Arcadia, babi hutan dari Erymanthus, dll.... 

Kisah-kisah ini memperlihatkan minat Agatha yang luas akan mitologi Yunani. Nama Hercule Poirot sendiri terinspirasi dari legenda Hercules. Walaupun diakui secara pisik tidak ada kemiripan sama sekali diantara keduanya. Disamping mitologi Yunani, novel-novel Agatha lainnya juga kerap diwarnai mitologi mesir, dan karya karya kontemporer Eropa sendiri semisal karya-karya Shakespeare. Ketika novel ini disusun, Agatha menggambarkan Poirot sedang berada dalam puncak karirnya. Berkas-berkas Kasus menumpuk di meja kerjanya. Dia minta miss. Lemon sekretarisnya untuk menyortir 12 kasus yang paling menarik. Inilah dia kasus-kasusnya:

Kasus #1: Hercule Poirot merasa "terhina' dengan pilihan miss. Lemon atas kasus yang pertama: seseorang telah kehilangan anjing peking peliharaannya. Poirot diminta mencari anjing.... Namun ternyata setelah diselidiki, bukan sekedar kasus anjing hilang. Ada komplotan teroraganisasi rapi, dan seorang suami yang akan meracuni istrinya.

Kasus #2: Dokter yang lagi goyang datang menemui Poirot. Selain dibayang-bayangi kemungkinan hancurnya reputasi, masih ditambah gosip dituduh menjadi penyebab sang istri terbunuh. Plus bonus asmara terlarang dengan asisten raciknya. Poirot beraksi, masalah cincai lah.

Kasus #3: O la la, Poirot memiliki mobil termahal di jamannya: Messaro Gratz. Tapi bahkan mobil termahal pun bisa mogok pula. Seorang mekanik memperbaiki kerusakannya. Tapi sang mekanikpun mengeluhkan kerusakan hatinya kepada Poirot. Sang kekasih hati menghilang begitu saja, ujarnya. Tak disangka, tidak mudah mencari pujaan hati mekanik ini. Poirot harus berkelana ke London, Roma, sampai ke pegunungan Swiss untuk menemukan gadis pujaan hati mekanik.

Kasus #4: Di Pegunungan Swiss, Poirot terperangkap dalam sebuah hotel karena kereta gantung penghubung sebagai satu-satunya jalan keluar mengalami kerusakan. Diselimuti salju tebal, Poirot berhadapan dengan penjahat paling dicari di Eropa.

Kasus #5: Poirot terseret-seret kasus politik. Dia harus menyelamatkan karir Perda menteri Inggris yang akan hancur karena skandal bapak mertuanya. Tekanan Pers Inggeris yang terkenal ganas harus disiasati Poirot,  dengan siasat menghancurkan kredibilitas sebuah koran kuning.....

Kasus #6: Masih kasus politikus yang harus diselamatkan. Sang poltikus bujangan berlibur di Slovakia, dijebak dengan skandal asmara dan pembunuhan di hotel tempatnya menginap. Poirot turun tangan untuk menyelamatkan politisi tersebut.

Kasus #7: Ini kasus favorit ala Poirot, peracunan menggunakan jenis belladona. Dua orang sahabat, sama-sama tentara, mencintai seorang wanita yang sama. Setelah pernikahan, intrik masih berlangsung. Dan pertunangan sepasang pencinta terancam kandas.

kasus #8: Poirot berurusan dengan bandar narkoba yang menyamar sebagai veteran jenderal yang pernah bertugas di India. Jenis narkoba yang diedarkan adalah jenis kokain yang sering dihirup pada pesta pesta kaum muda saat itu. Dan seorang dokter muda sahabat Poirot kepincut salah seorang pengedar....

Kasus #9: Pencurian lukisan dan penculikan siswi seni. Poirot diminta memecahkan sekaligus dua kasus yang membawanya ke Paris. Ternyata dua kasus tersebut saling berhubungan. Lenyapnya siswi seni di kereta London menjadi awal penyelidikan.

Kasus #10: Kasus ini ada hubungannya dengan komplotan pencuri anjing pada kasus #1. Komplotan yang telah insyaf, namun sekali lagi berurusan dengan Poirot. Kali minta bantuan sang detektif. Urgen, katanya karena beberapa koleganya terpengaruh suatu sekte keagamaan. Kecurigaan membuncah karena beberapa pengikut sekte tewas dengan mewariskan harta yang banyak dan diwasiatkan untuk disumbangkan ke pihak sekte. Poirot menyusupkan orang orangnya ke sekte, dan memang ada permainan kotor dibalik pesona spiritual sang imam. Akhirnya bekerja sama dengan Scotland Yard dilakukan penggerebekkan....

Kasus #11: Anda mungkin kenal artefak seperti goblet atau hollygrail. Sejenis piala/ gelas yang biasa dipergunakan dalam upacara suci. Di jaman kontemporer, artefak ini bukan lagi benda suci untuk upacara, tetapi berubah fungsi menjadi benda investasi bagi kaum kapitalis. Dan sebuah goblet seharga puluhan ribu pound telah dicuri. Detektif kumis mencarinya, walaupun harus mengendus keliling bumi....

Kasus #12: Apa yang anda ketahui tentang kehidupan asmara Hercule Poirot. Poirot yang lajang, kesepian, dan tak pernah diceritakan jatuh cinta. Kasus terakhir ini menyingkap kepada siapa sebenarnya hati Poirot berlabuh......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Peringkat Novel Agatha Christie

Saya benci pemeringkatan. Apalagi bila menyangkut penulis favorit Agatha Christie. Tetapi pemeringkatan menjadi keniscayaan - bukankah setiap pencipta agung mempunyai masterpiece? Dan mengenali sebuah masterpisece adalah tugas seorang reviewer. Maka saya menyematkan **** alias empat bintang untuk karya masterpiece, *** tiga bintang untuk karya 'out of the box', ** dua bintang untuk karya kategori bagus, dan satu bintang * untuk karya standar Agatha. Tentu saja ini subyektif, pendapat anda lebih benar. Klik di sini untuk melanjutkan.